Asal Usul Nasi Tumpeng

Apa itu nasi tumpeng
Mungkin tidak banyak orang tau bahwa nasi tumpeng dahulu digunakan oleh masyarakat Jawa dan sekitarnya untuk membuat persembahan kepada gunung-gunung. Tidak dipungkiri lagi bahwa dulu para leluhur kita masih menyembah beberapa fenomena alam, seperti Matahari, Gunung, Laut, dan lain-lain.
Setelah agama Hindu masuk ke Indonesia, ada sedikit perubahan pada bentuk nasi tumpeng. Tumpeng yang awal mulanya disajikan dalam wadah, akhirnya dibuat mengerucut seperti yang lazim terlihat sekarang.

Isi nasi tumpeng
Biasanya paling tidak ada 7 lauk yang ada di dalam hantaran nasi tumpeng. Kenapa 7 lauk? Karena angka 7 dalam bahasa Jawa adalah pitu yang artinya pitulungan atau pertolongan. Masing-masing lauk juga ada artinya loh. Misalnya telur yang selalu ada di setiap nasi tumpeng bermakna sebagai kebersamaan. Ikan yang menggambarkan keuletan dan perjuangan hidup meski sedang berada di masa sulit. Ayam adalah penggambaran wujud dari rasa sombong atau ingin menang sendiri yangharus dihindari. Sayur urap mengandung makna melindungi, mempertimbangkan, bijak dalam mengambil keputusan.

Siapa yg menggunakan nasi tumpeng.
Dari jaman nenek moyang hingga saat ini, sajian tumpeng masih tetap digemari masyaratak Indonesia sebagai wujud syukur dan terima kasih atas apa yang sudah mereka peroleh hingga saat ini. Seperti ulang tahun pribadi, ulang tahun perusahaan, ulang tahun desa, atau bahkan ulang tahun Negara. Tren ini kemungkinan tidak akan bergeser karena filosofi yang begitu kuat di dalam diri masyarakat Indonesia.

Kapan biasanya tumpeng disajikan
Meskipun jaman sudah bergeser kearah yang lebih modern, tapi beberapa orang masih menyukai merayakan sesuatu menggunakan nasi tumpeng. Acara ulang tahun, peresmian suatu kantor, launching brand, syukuran dan lain sebagainya.

Bagaimana cara membuat tumpeng. Pembuatan nasi tumpeng bisa dikatakan mudah untuk sebagian orang. Akan tetapi untuk hasil hiasan yang detail dan rasa yang enak, beberapa orang juga akan kerepotan untuk membuat nasi tumpeng. Penasaran ingin membuat nasi tumpeng sendiri? Berikut resep sederhana untuk membuat nasi tumpeng menggunakan nasi liwet sebagai jenis nasinya.
Nasi Tumpeng Liwet Sunda Rice Cooker
Beras 1 liter
7 butir bawang merah, dibelah dua
5 batang sereh, bersihkan, geprek
3 lembar daun salam
Garam sedikit
Bahan pelengkap
Ikan asin yang sudah digoreng
Teri Medan yang sudah digoreng
Terasi goreng/bakar
Cara membuat:
• Cuci beras, masukkan ke dalam rice cooker
• Masukkan bawang merah belah, sereh, daun salam, dan garam.
• Masak hinggan nasi matang
• Tumis 3 bahan taburan nasi liwet
• Aduk-aduk bersama dengan nasi yang sudah matang tadi
• Nasi liwet siap disajikan bersama dengan lauk pauknya.

Bagaimana orang memesan tumpeng ?
Untuk beberapa orang, membuat nasi tumpeng bisa dikatakan sesuatu hal yang repot dan memakan banyak waktu dan tenaga. Oleh karena itu, mulai muncul beberapa jasa catering yang bisa menyediakan nasi tumpeng lengkap dengan hiasannya. Dan dijaman yang serba praktis sekarang ini, sudah banyak sekali perusahaan jasa catering yang menawarkan berbagai macam kemudahan dalam melakukan pengorderan tumpeng, baik secara online maupun offline. Untuk pengorderan tumpeng secara offline, customer bisa datang langsung ke perusahaan jasa catering, sedangkan untuk order online, beberapa catering sudah mempunyai berbagai macam aplikasi untuk memudahkan customer menghubungi mereka melalui gawai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *