Ciri-ciri masakan sehat

Agar dapat hidup sehat tanpa adanya gangguan penyakit, maka kita perlu mengkonsumsi makanan yang sehat pula. Untuk itu, kita perlu mendapatkan pasokan energi dan berbagai zat penting yang mendukung metabolisme tubuh melalui makanan. Sehingga kita dapat melakukan berbagai aktivitas setiap harinya. Artikel kali ini akan membahas mengenai ciri-ciri makan yang sehat.

Makanan yang sehat adalah makanan yang mengandung berbagai zat/nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Konsep makanan dasar adalah mengutamakan kualitas makanan dibandingkan kuantitasnya. Makanan sehat dianjurkan bagi orang kaya saja dengan anggapan bahwa orang kaya akan lebih mudah mengkonsumsi atau mendapatkan asupan gizi dari makanan yang berkualitas, padahal tidak demikian.

Makanan sehat sangat mudah didapatkan, sayangnya kita kurang memperhatikan hal apa saja yang menunjukkan bahwa makanan tersebut sehat ataupun tidak. Yuk simak artikel berikut ini.

1. Makanan Non MSG dan Sedikit Garam

Sebaiknya Kita membatasi konsumsi makanan yang mengandung MSG seperti makanan ringan buatan pabrik. Cermati juga makanan yang mengandung Sodium atau Natrium karena merupakan jenis garam yang kurang bagus terutama untuk penderita hipertensi.

Makanan yang mengandung MSG memang memiliki rasa yang lebih gurih dan lezat. Namun konsumsi makanan dengan MSG kurang bagus untuk kesehatan jangka panjang. Dampak buruk pemakaian MSG ini sampai sekarang masih menjadi perdebatan.

2. Sedikit Minyak Goreng

Makanan yang digoreng dengan minyak suhu tinggi akan membuat gizi alami yang terdapat dalam makanan rusak. Menggoreng makanan dengan minyak jelantah atau minyak goreng yang sudah pernah dipakai, membuat kandungan lemak trans dan radikal bebas dalam makanan meningkat. Dampaknya memang tidak muncul seketika,namun suatu saat bisa menyebabkan sebuah Kanker.

3. Mengandung Serat yang Cukup

Gado-gado, urap, rujak merupakan jenis makanan yang bisa kita masukkan dalam menu makanan sehari-hari. Mengonsumsi lalapan dan sayuran yang dikukus juga baik untuk memenuhi kebutuhan serat Anda setiap hari. Untuk mendapatkan tambahan serat, biasakan mengkonsumsi buah yang kaya kandungan serat sehabih makan sebagai pencuci mulut.

4. Sedikit Bahan Pengawet

Makanan kemasan buatan pabrik umumnya menggunakan bahan pengawet, termasuk kaldu instan. Bahan pengawet yang terlalu banyak tidak baik untuk kesehatan. Konsumsi makanan segar dan makanan yang baru saja dimasak lebih baik daripada makanan cepat saji yang menjadi awet karena zat kimia tertentu.

5. Tidak Menggunakan Santan

Makanan bersantan seperti opor,soto,dan rendang mengandung kolestrol tinggi. Hati-hati menyantap makanan bersantan seperti itu,karena jumlah kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh akan meningkat.

Dampak konsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi akan muncul beberapa tahun mendatang,misalnya penyempitan dan pengerasan pembuluh darah dan berbagai penyakit jantung.

6. Cukup Matangnya

Makanan setengah matang seperti ikan bakar,sate, dan acar juga perlu diperhatikan,terutama bagi ibu hamil karena sama halnya dengan makanan mentah,bakteri atau virus berbahaya pada makanan setengah matang mungkin belum mati.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *