Manfaat dan Kandungan Buah Nangka

Buah Nangka sudah banyak dikenal di semua kalangan. Pohonnya mudah ditemui dan tumbuh di mana saja. Nangka termasuk ke dalam tumbuhan tropis yang artinya banyak ditemukan di negara-negara tropis. Indonesia, sebagai salah satu negara yang beriklim tropis, bisa disebut juga surganya nangka, karena hampir setiap daerah bisa menjumpai buah yang mirip durian ini. Buah Nangka juga sudah terkenal sebagai bahan masakan di berbagai negara. Sebabnya, Nangka memiliki banyak kandungan gizi dan manfaat. Berikut beberapa kandungan gizi dan manfaat mengonsumsi buah nangka.

Mengandung Vitamin C dan Zat Penting Lainnya

Buah Nangka mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti Karbohidrat, Serat,  Vitamin C, hingga Kalium dan Magnesium. Karbohidrat dalam sepotong buah nangka segar setara dengan seratus gram nasi. Cukup banyak untuk digunakan sebagai pengganjal perut. Kalorinya tidak terlalu tinggi sehingga cocok untuk dijadikan camilan sehat, terutama bagi yang sedang menjalani program diet. Sementara serat yang dikandung cukup tinggi sehingga sangat berguna untuk mengatasi sembelit dan melancarkan buang air besar. Vitamin C yang terkandung dalam buah Nangka juga cukup banyak untuk membantu mencukupi kebutuhan harian.

Mengatasi Sembelit dan Melancarkan Buang Air Besar.

Tentu sangat tidak nyaman jika buang air besar tidak lancar. Perut rasanya penuh dan begah. Untuk mengatasi dan mencegah ini, dapat dengan mengonsumsi buah Nangka secara rutin. Kandungan seratnya sangat lebih dari cukup untuk membantu melancarkan buang air besar.

Menurunkan Tekanan Darah

Seperti dijelaskan, buah Nangka memiliki kandungan potasium. Potasium dikenal sebagai salah satu elektrolit yang sangat berguna bagi tubuh. Potasium dalam tubuh berfungsi untuk mengatur kadar air dan mencegah tingginya tekanan darah. Mengonsumsi buah nangka secara rutin dinilai mampu membantu menurunkan tekanan darah. Aliran darah pun menjadi lebih lancar sehinga risiko terkena penyakit jantung dan stroke menurun.

Mengontrol Gula Darah dan Anti Penuaan

Meski memiliki rasa yang manis, rupanya Nangka memiliki indeks glikemik rendah yang terbukti mampu mengontrol gula darah dalam tubuh. Hal ini tentu saja baik bagi tubuh, terutama bagi penderita diabetes. Dengan mengonsumsi nangka dapat mencegah kenaikan kadar gula darah secara drastis. Selain itu, antioksidan dalam buah nangka terbukti mampu menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab penuaan kulit.

Di Indonesia, buah Nangka sudah banyak diolah sebagai bahan makanan baik itu saat masih muda maupun sudah matang, di antaranya: Sayur Lodeh atau Gudeg. Dalam kondisi matang, buah nangka biasanya digunakan dalam campuran es buah. Dapur Bu Sastro menyediakan menu gudeg dan buah yang menggunakan nangka dalam kondisi terbaik. Yuk, langsung dipesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *