Tips Memilih Ikan Segar

Ikan memiliki kandungan gizi yang sangat banyak dan bermanfaat bagi tubuh. Karena itu mengonsumsi ikan adalah hal yang sangat dianjurkan. Ikan adalah salah satu sumber protein bagi tubuh. Selain itu, ikan juga banyak dan mudah diolah menjadi berbagai jenis masakan. Mengonsumsi ikan sebaiknya harus dalam kondisi segar. Ketika ikan masih segar, maka gizi-gizi yang terkandung di dalamnya belum hilang. Begitu pula ketika akan diolah menjadi beragam makanan, daging ikan yang segar akan memberikan rasa yang lebih enak. Selain itu, ikan yang sudah tidak segar membawa banyak bakteri dan kuman yang bisa menyebarkan penyakit. Memilih ikan segar tentu bukan perkara mudah, karena bagaimanapun ikan yang baru tiba dari perahu juga sudah melewati beberapa waktu. Berikut adalah tips untuk memilih ikan yang masih segar.

Perhatikan Fisik Ikan

Hal pertama yang dilakukan sebelum membeli ikan adalah memastikan kondisi fisiknya masih baik dan tidak rusak. Ikan yang masih segar umumnya memiliki ciri mempunyai tampilan sisik yang masih lengkap, mengkilap, dan tidak mudah terlepas. Ikan segar memiliki tekstur yang lembut, tapi cukup kenyal sehingga dapat kembali ke bentuknya semula setelah ditekan. Seluruh dagingnya juga menempel kuat pada tulang. Berbeda dengan ikan segar, daging ikan yang kualitasnya menurun berwarna kusam. Teksturnya pun berubah menjadi lebih lunak. Ikan yang bagus juga bisa tegak berdiri jika dipegang.

Amati Kondisi Mata Ikan

Ikan segar biasanya terlihat dari bentuk dan warna matanya. Mata ikan yang bagus akan tampak bening, jernih, dan tidak lembek saat ditekan. Permukaannya terasa menonjol dan kenyal. Sementara mata ikan yang sudah tidak segar tampak mengerut dan keruh. Segera hindari jika sudah menemukan ikan dengan ciri-ciri yang disebutkan.

Ikan yang Segar tidak Berbau Menyengat

Sudah sewajarnya jika ikan memiliki bau yang amis karena pengaruh air laut. Namun ikan yang berkualitas baik memiliki bau yang tidak mengganggu penciuman. Sementara bau amis yang menyengat menandakan bahwa ikan sudah dibiarkan terlalu lama dalam suhu ruang dan mulai mengalami pebusukan, atau dengan kata lain ikan tersebut sudah tidak lagi segar.

Pemilihan ikan menjadi sangat penting, baik untuk mengolah maupun mengonsumsi ikan. Jangan sampai memilih ikan yang sudah lama dan membusuk. Dengan memilih ikan yang masih segar, maka dapat memperoleh gizi yang lengkap. Selain itu, mengolah ikan yang masih segar tentu akan mendapatkan rasa yang lebih nikmat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *