Tips Menata Rumah Mungil

Kecenderungan masyarakat di perkotaan saat ini adalah ingin memiliki rumah yang praktis, tetapi tetap nyaman untuk ditinggali. Dan rumah mungil tidak selalu berarti kaku, sumpek, dan sempit karena sebenarnya rumah mungil bisa ditata dengan interior yang tepat sehingga terasa nyaman dan terkesan luas. Jika rumah berukuran luas, penataan akan lebih mudah dilakukan meskipun tetap memerlukn sejumlah trik tertentu.

Meskipun hanya memiliki lahan terbatas, Anda harus bisa menyiasati ruangan-ruangan sempit yang ada sehingga dapat memenuhi seluruh kebutuhan keluarga. Selain itu, Anda juga harus mencari solusi agar kesan sesak yang sering kali terlihat pada rumah-rumah mungil bisa diminimalisasi.

Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda mencoba tips berikut ini.

  • Pilihlah warna cat yang terang dan cerah. Jika mungkin, pilih cat yang lebih mampu memantulkan cahaya ketimbang menyerap cahaya sehingga ruangan pun alan menjadi lebih terang. Jangan memilih warna gelap karena justru akan membuat ruangan tampak semakin sempit. Jika menginginkan warna gelap, Anda bisa tetap menghadirkannya tetapi hanya sebagai aksen atau interior ruangan saja. Bahkan aksen dengan warna gelap ini bisa mejadikan ruangan agar semakin cantik karena sebenarnya kesan “monoton” bisa cepat menimbulkan kebosanan.
  • Seandainya Anda ingin mengecat ruangan dengan hanya satu warna, hal tersebut tidak menjadi masalah. Namun, hendaknya diimbangi dengan warna pada elemen interior lainnya misalnya gorden, karpet, lukisan, pernak pernik interior, sofa, dan sebagainya.
  • Pilih furniture yang simple dan berkesan tidak padat. Misalnya, pilih lampu yang vertical, furniture yang berkaki tinggi dan sebagainya.
  • Pilih furniture yang memiliki tulang tipis dan berdesain simple yang senada dengan karakter rumah. 
  • Manfaatkan setiap detail ruangan seperti area bawah tangga, lorong, kolong tempat tidur, juga lemari.
  • Sebaiknya pilih lemari dengan bukaan geser agar tidak memakan ruangan.
  • Jika menyukai tanaman, pilih tanaman yang simple dan usahakan yang memiliki batang tipis.
  • Pilih perabot rumah yang multi fungsi dan sesuaikan dengan kebutuhan.
  • Letakkan perabot yang agak keras di sudut ruangan agar jarak pandang terlihat luas.
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *