Tips Merawat Peralatan Dapur

Dapur yang bersih dan peralatan masak yang terpelihara dengan baik tentu akan menjadikan kegiatan masak-memasak menjadi lebih menyenangkan.

Untuk merawat peralatan dapur, ada baiknya Anda terlebih dahulu mengenal jenis bahan pembuatnya. Karena bahan yang berbeda maka akan berbeda pula treatmentnya.

Stainless Steel
Bahan ini pada awalnya terlihat mengkilap, tapi semakin lama akan semakin memudar. Agar peralatan dari stainless Anda tidak gampang rusak, maka hindari dari cairan yang bersifat asam, misalnya cuka yang bisa merusak lapisan atas stainless steel.

Aluminium
Peralatan dapur dari bahan aluminium misalnya kuali dan panic mudah sekali bernoda dan juga mudah hangus. Jika bagian dalam peralatan dari aluminium Anda bernoda, ada acar mudah untuk membersihkannya. Masak air dalam peralatan yang bernoda itu selama beberapa saat, lalu diamkan selamat beberapa menit. Kemudian cuci bersih dengan cairan pencuci piring.

 

Tembaga
Peralatan rumah tangga yang terbuat dari tembaga bisa berubah menjadi kehitaman karena noda. Cara membersihkannya adalah dengan menggosokkan campuran air jeruk, garam, sedikit ammonia (bahan kimia) dan air pada bagian yang bernoda, lalu membilasnya hingga bersih.

Kuningan
Peralatan berbahan kuningan cepat menjadi kusam karena debu dan oksidasi udara. Untuk menjadikannya Kembali mengkilap, bersihkan dengan pembersih kuningan, yaitu brasso atau larutan cuka dan garam, lalu cuci hingga bersih.

Perak
Peralatana berbahan perak memang sering kelihatan kusam. Untuk membuatnya berkilau kembali, Anda bisa memanfaatkan abu rokok atau pasta gigi menggunakan sikat halus yang sudah dibasahi dengan sedikit air, lalu lap dengan kain hingga mengkilap.

Krom
Untuk mengkilapkan Kembali peralatan yang berlapis krom, ada acara mudah yang bisa Anda coba. Siapkan pasta gigi (sebaiknya yang berwarna putih dan bukan yang berbentuk gel) dan lap katun yang halus dan bersih. Dengan lap, oleskan pasta gigi pada permukaan krom yang kusam lalu biarkan 1 menitan. Setelah itu gosok dengan lap bersih atau kertas koran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *